Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools Upaya Mengurangi Reject Produk Grommet

Nandar Cundara Abdurahman, Albertus Laurensius Setyabudhi

Abstract


PT. Giken Precision Indonesia merupakan perusahaan asing atau jepang yang bergerak dibidang industri yang memproduksi komponen listrik dan elektronik.Persentase produk reject pada bulan Mei 2017 – Oktober 2017 mencapai 5,53 %. Jumlah produk reject yang dihasilkan selama proses produksi grommet telah melebihi batas toleransi yang ditetapkan oleh perusahaan , yaitu sebesar 5%. Jenis reject  di PT. Giken Precision Indonesia sebanyak 4 jenis, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengendalian kualitas produk grommet di PT. Giken Precision Indonesia dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab reject dalam proses produksi grommet, untuk mengatasi masalah tersebut Seven tools digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisa dengan menggunakan metode Seven tools, di lihat pada diagram pareto, bahwa terdapat dua masalah utama yaitu reject Soft (40,18% ) , Short Moulding (31,05%), Discolour (19,40%) dan Flashes (9,38%) dan dari diagram sebab akibat hal tersebut disebabkan oleh faktor manusia, mesin, material, dan metode. hasil menunjukkan PT. Giken Precision Indonesia perlu mengambil sebuah tindakan pencegahan serta perbaikan guna untuk  menekan tingkat reject  produk grommet.


Full Text:

PDF

References


Bora, M. A. PERANCANGAN STAND WELDING SEBAGAI ALAT BANTU TRAINING PENGELASAN DENGAN METODE HOUSE OF QUALITY (STUDI KASUS: ART WELDING SCHOOL BATAM).

Fauzi,S,dan Siregar ,K. (2017). Perbaikan Kualitas dengan mengunakan Metode Seven Tools dan Faults Tree Analysis ( FTA ) di PT.XYZ.Proisiding SNTI dan Satelit 2017

Fransisca, yoanna. (2014). Skripsi Teksnik Industri Atma Jaya Yogyakarta. Peningkatan Kualitas Kantong Plastik Dengan Metode Seven Steps Menggunakan Old Dan New Seven Tools di PT Asia Cakra Ceria Plastik Surakarta.,diambil http:// journal.uajy.ac.id/5648/1/Jurnal.pdf ( 06 Juli 2018 )

Galih, Raden. (2015). Jurnal Teknik industri STT wastukancana. Pengendalian Kualitas pada proses final inspeksi dengan menggunakan metode seven tools di PT Nissan Motor indonesia, Vol 3,No 2,diambil dari https://www.stt-wastukancana.ac.id (25 April 2018 )

Haryono,Didi dan Irwan. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik Pendekatan Teoritis Dan Aplikatif. Bandung, Alfabeta

Kristanto, Harris, 2016, Pengendalian Kualitas Dengan Metode Statistical Quality Control Dan FMEA di PT. Prima Indah Saniton,Universitas Sumatera Utara, Medan.

Munnay,kristina. (2016). Skripsi manajemen operasi dan produksi. Analisa kecacatan produksi dengan menggunakan metode seven tools di PT Ocean Asia Industry.STIE Bina Bangsa: Serang. Diambil dari : https://www.academia.edukasi ( diakses pada 8 Agustus 2018)

Setyabudhi, A.L., Sanusi, dan Sipahutar, I, 2018, Application Of Six Sigma Methodology To Improve the Product Quality Of Moldings Plastic, Prosiding ICI&ME 2018

Wahyudin,Uud. (2013). Analisa Pengendalian Kualitas Pengemasan Primer (Monowrapping) dengan menggunakan Metode Seven Tools di PT.Perfette Van Melle Indonesia ). Diambil dari : https://www.stt-wastukancana.ac.id ( diakses pada 17 April 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.