PEMBANGUNAN DASHBOARD SEBAGAI ALAT MONITORING DAN EVALUASI PADA TOKO PERMATA BATAM

Indah Kusuma Dewi, Doni Syofiawan

Abstract


Toko Permata Batam merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang penjualan tas wanita. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi sistem dashboard dalam monitoring dan evaluasi pada Toko Permata Batam. Objek dalam penelitian ini adalah pemilihan karyawan terbaik pada Toko Permata Batam menggunakan data karyawan pada bulan Januari 2018 dan Penjualan Barang terlaris dengan menggunakan data penjualan data data barang. Rancangan sistem ini menggunakan sistem dashboard dengan jenis strategic dashboard menggunakan metode Object Oriented analysis design dengan metode pemodelan Unified Modeling Langguage serta implementasi sistem menggunakan sistem database My-SQL dan bahasa pemrograman PHP. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengatasi kekurangan data yang ada pada sistem di Toko Permata Batam. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini dapat mempermudah perusahaan dalam menjalankan sistem dashboard pada Toko Permata Batam lebih akurat dan efisien. Dengan demikian Sistem Dashboard ini layak digunakan dalam mencapai tujuan atau sasaran dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Andalia, F., Setiawan, E. B., & Indonesia, T. I. U. K. (2015). Pengembangan sistem informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang . Jurnal Komputa, 4(2).

Astuti, D., & Devitra, J. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi Pegawai Negeri Lain Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 513-531.

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi monitoring pengembangan software pada tahap development berbasis web. Jurnal Informatika, 3(1).

Ilhamsyah, I., & Rahmayudha, S. (2017). Perancangan Model Dashboard Untuk Monitoring Evaluasi Mahasiswa. JURNAL INFORMATIKA: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 13-17.

Irsan, M. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja di Instansi Pemerintahan. JustIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 3(1), 115-120.

Nasikin, K. (2011). Pengembangan Sistem Informasi Akademis Dan Keuangan Di SMAN 2 Pati. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(3).

Prihartanto, Y. L. (2012). Sistem Informasi Manajemen Agenda Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Karanganyar. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(3).

Priyanti, D., & Iriani, S. (2013). Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Keccamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4).

Purwaningtias, F. (2018). Penerapan Product Knowledge dan Strategi UpSelling Pada Chandra Tech Palembang. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 253-258.

Rahmadi, L., & Yusmiarti, K. (2016). Perancangan Sistem Informasi Inventory di Amik Lembah Dempo Pagaralam. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 14.

Riyadi, A. S., Retnadi, E., & Supriatna, A. D. (2013). Perancangan sistem informasi berbasis website subsistem guru di sekolah pesantren persatuan islam 99 rancabango. Jurnal Algoritma, 9(01).

Ropianto, M. (2016). Pemahaman Penggunaan Unified Modelling Language. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 1(01).

Ropianto, M. (2017). Pemanfaatan Sistem Dashboard Pada Data Akademik Di Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 2(2).

Ropianto, M., Veza, O., & Donald, M. (2018). SISTEM INFORMASI DASHBOARD MONITORING UNTUK PENGORDERAN BARANG DAN JASA PADA PT ENERGI LISTRIK BATAM. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 3(1).

Setyabudhi, A. L. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi dan Pengambilan Surat Cuti Kerja Berbasis Web. JR: JURNAL RESPONSIVE Teknik Informatika, 1(1).

Suhartini. (2017) Daerah, P. S. K. P. Analisis dan Pengembangan Aplikasi Pembayaran Studi Kasus Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya Kota Prabumulih.

Sutopo, P., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2017). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web.

Veza, O. (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada Pt. Andalas Berlian Motors (Studi Kasus: PT Andalas Berlian Motors Bukit Tinggi). Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 2(2).

Wulan, A. R. (2007). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.