SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT IKAN KERAPU TIGER DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA LAUT BATAM

Nanda Jarti

Abstract


Ikan kerapu tiger dapat diserang berbagai macam penyakit , penyakit tersebut dapat diketahui dari gejala-gejala yang ditimbulkannya, akan tetapi untuk mengetahui secara tepat jenis penyakit yang menyerang ikan kerapu tiger tersebut memerlukan seorangĀ  dokter ikan, sedangkan jumlah dokter ikan terbatas dan tidak dapat mengatasi permasalahan masyarakat pembudidaya ikan kerapu tiger secara bersamaan, sehingga diperlukan suatu sistem yang mempunyai kemampuan seperti seorang dokter ikan, yang mana dalam sistem ini berisi pengetahuan keahlian seorang dokter ikan. Penelitian ini dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan metode forward chaining yang dimaksudkan untuk membantu masyarakat pembudidaya ikan kerapu tiger dalam mendiagnosa penyakit ikan tersebut dan juga memberikan saran-saran pengobatannya. Sistem pakar diagnosa penyakit ikan kerapu tiger berbasis web yang telah dikembangkan mempunyai keunggulan dalam kemudahan akses dan kemudahan pemakaian. Dengan fitur yang berbasis web yang dimiliki, sistem pakar untuk diagnosa penyakit ikan kerapu tiger ini dapat diakses oleh pembudidaya ikan kerapu tiger dimanapun, sehingga sistem ini mampu mengatasi persoalan keterbatasan jumlah dokter ikan dalam membantu pembudidaya ikan kerapu tiger untuk mendiagnosa penyakit ikan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Sudaryono. (2015).Buku Metodologi Riset di Bidang TI. CV Andi Offset.Yogjakarta.

David, N. (2016). Bikin Framework PHP Sendiri dengan OOP & MVC. CV Lokomedia. Yogjakarta.

Suyanto. (2014). Artifical Intelligence. Revisi Kedua. Informatika Bandung. Bandung.

Abdullah, R. (2015). Web Programming is Easy. Cetakan pertama. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Putra Ifana Yoka.(2015). Website Gratis Ototidak Tanpa Guru. Dan Idea. Jakarta

Saputra, A. (2012). PHP, HTML5 dan CSS3. Jasakom. Jakarta.

Tusihadi, T., Ronny, I, W. and dkk. (2016). Penyakit Ikan Kerapu. LP2IL Serang.

Mustafidah. H, Prista.A. P.( 2011). Sistem Pakar Untuk mendiagnosa Penyakit Hati Menggunakan Metode Forward Chaining. Purwokerto.

Najoan. X, Vecky. P. C. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anak Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Mobile. Manado.

Ayub. M. Y. (2012). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Anjing Dengan Forward Chaining. Bandung.

Sinaga. M. D. (2014). Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Terong Belanda dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Medan.

Ahyuna. S. S. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk Berbasis Web. Makassar.

F. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Gigi Pada Manusia. Samarinda.

Veza, O. (2017). Decision Support System (Dss) Dalam Prosedur Pengolahan Data Prakualifikasi Tender Pada Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang Dan Permukiman Propinsi Kepulauan Riau. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.