Perancangan Sistem Pengendalian Persediaan Barang Pada PT. Sukanda Djaya Dengan Menggunakan Metode First Expired First Out

Okta Veza, Ismail Yusuf Panessai

Abstract


PT. Sukanda Djaya Batam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pengendalian persediaan barang pada PT. Sukanda Djaya yang belum pernah digunakan sehinnga admin dan team di gudang memerlukan waktu untuk mengetahui barang-barang persediaan yang sudah expired di gudang yang dilakukan secara manual. Sasaran penelitian ini yaitu admin yang bertugas untuk mengelola seluruh aktifitas keluar masuk barang pada PT. Sukanda Djaya Batam menggunakan sistem pengendalian persediaan barang agar proses pencatatan/input barang persediaan terorganisir dengan baik sesuai dengan metode first expired first in dengan sistem yang akan diimplementasikan. Output yang dihasilkan terdiri dari proses stock barang dan kondisi barang sampai pembuatan laporan kondisi barang yang bertujuan agar perusahaan dapat tercapai dengan efektif dan efisien dalam pengelolaan barang tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, H., & Riswaya A.R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis Vol. 8 No. 2 Desember 2014.

Apriyanti, L.F. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Gereja Pada Gpib Galilea Palabuhanratu. Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Skripsi Universitas Komputer Indonesia 2013.

Gumelar, C., & Udjulawa, D. (2014). Sistem Informasi Transportasi Di Palembang Berbasis Android pada PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya. STMIK GI MDP Palembang 2014.

Iswandy, E. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung–Barung Balantai Timur. Jurnal TEKNOIF Vol. 3 No. 2 Oktober 2015.

Lamrisna. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Warehouse Produk Sarung Tangan Lateks Pada Pt. Intan Hevea Industry Menggunakan Metode Fefo (First Expired First Out). Skripsi Universitas Potensi Utama 2016.

Masykur, F., & Atmaja, I.M.P. (2015). Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. IJNS Vol.4 No.3 Juli 2015.

Muhbib, A.H. (2013). Implementasi Desktop Sistem Inventasi Pada Hudi Motor Karangrayung Grobogan. Universitas Dian Nuswantoro 2013.

Nuh, M. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Presensi Siswa Pada Sekolah Menegah Atas (Sma) Negeri 1 Rembang Berbasis Finger Print. Journal Speed Vol.4 No.4 2012.

Purwaningtias, F. (2016). Sistem Informasi Apotek Menggunakan Metode First Expiry First Out (FEFO) Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jurnal ISSN, 2407-1730.

Rachmayati, P. O. (2014). Sistem Informasi Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Makanan Pada Instalasi Gizi Rsud Kota Bandung. Skripsi Universitas Komputer Indonesia 2014.

Saputra, R. (2015). Desain Sistem Informasi Order Photo Pada Creative Studio Photo Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic.Net 2010. Jurnal Momentum Vol.17 No.2 Agustus 2015.

Tamodia, W. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado. Fakultas Ekonomi. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013 Hal 20-29.

Trisnawan, A.D., & Amron. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen Handphone Samsung Di Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian 2014.

Verawati, V.L., & Oetomo, H.W. (2014). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Tekstil. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol.3 No.9 2014.

Vironica, A., & Sukadi (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nawangan. Journal Speed Vol. 5 No. 4 2013

Veza, O. (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada Pt. Andalas Berlian Motors (Studi Kasus: PT Andalas Berlian Motors Bukit Tinggi). Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 2(2).

Wahyuningsih, S.D. (2014). Efektivitas Dan Efisiensi Proses Produksi Melalui Optimalisasi Sistem Pengendalian Manajemen. Jurnal Kompilek Vol.6 No.2 Desember 2014.

Zefriyenni., & Santoso, B. (2015). Sistem Informasi Penjualan Dan Pengendalian Persediaan Barang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Eoq) Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Dan Database Mysql Pada Toko Kansa Elpiji. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu komputer Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Vol.2 No.2 Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.