ANALISA PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN DI BATAM DENGAN KETERIKATAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIATOR DITINJAU DARI METODE REGRESI LINEAR

Widi Nugraha

Abstract


Media sosial telah berkembang pesat dan mengubah latar belakang komunikasi pemasaran secara langsung. Perubahan ini menciptakan ikatan kuat antara tenaga pemasaran terhadap konsumen karena komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dan berkesinambungan. Tenaga pemasaran dapat dengan mudah memperkenalkan berbagai merek produk dan layanan baru kepada konsumen serta mengubah respon konsumen untuk membuat keputusan. Penelitian ini mempelajari pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap keinginan pembelian dengan keterikatan emosional konsumen sebagai mediatornya.

Objek penelitian ini adalah pengguna media sosial di Batam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini didapat 315 responden untuk pengolahan data.

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keinginan pembelian oleh konsumen dapat dipengaruhi oleh pemasaran melalui jaringan media sosial. Akan tetapi pemasaran melalui jaringan media sosial ini harus ditunjang oleh faktor keterikatan konsumen sebagai mediator supaya dapat membangkitkan keinginan pembelian oleh konsumen.

Dari hal ini, maka pelaku pemasaran harus dapat menciptakan keterikatan emosional konsumen terhadap produk yang dipasarkan terlebih dahulu untuk dapat sukses dalam pemasaran melalui jaringan media sosial. Keterikatan emosional konsumen dapat dibangun dari komunikasi yang lebih intens dilakukan di media sosial, sebagai contoh melalui kolom komentar, membuat komunitas dan membagikan iklan atau layanan yang mengikuti tren di media sosial.


Full Text:

PDF

References


Akar, E., Yuksel, H.F., & Bulut, Z.A., 2015, The impact of social influence on the decision making process of sport consumers on Facebook, Journal of Internet Application and Management, 6(2)

Anisimova, T., 2013, Evaluating the impact of corporate brand on consumer satisfaction, Asia Pasific journal of Marketing and Logistics, vol 25 lss 4 pp 561-589.

Anam, H., & Faiz, R., 2016, An empirical examination of brand loyalty via customer delight in Pakistan, Journal of Management and Research, 3(1), 13-20

Barhemmati, N. & Ahmad, A, 2015, Effects of Social network marketing (SNM) on consumer purchase behavior through customer engagement, Journal of Advanced Management Science, 3(4), 307-311.

Bilal, G., Ahmed,M.A.,& Shehzad, M.N, 2014, Role of social media and social networks in consumer decision making: A case of the garment sector, International Journal of Multidisciplinary Sciences and Engineering, 5(3), 1-9

Ghozali, I., 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, J. F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E., 2009, Multivariate Data Analysis A Global Perspective 7th edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Huang, R. & Sarrigollu, E., 2012, How brand awareness relates to the market outcome, brand equity and marketing mix, Journal of business research, published on January 2012.

Husnain,I.,Qureshi, I., Fatima, T., & Akhtar, W, 2016, The impact of electronic worth of mouth on online impulse buying behavior: The moderating role of Big 5 personality trails, J Account Mark, 5(190, 1-10

Indriantoro, N. & Supomo, B., 1999, Metodologi penelitian bisnis untuk akuntasi dan manajemen, BPFE Yogyakarta, cetakan pertama, Oktober 1999.

Kahle, L., Valette-Florence, P. & Ebrary, L., 2012, Marketplace lifestyle in an age of social media: Theory and methods, Armonk, New York, ME Sharpe

Kaplan, A.M, & Haenlein, M, 2010, Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media, Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kasali, R., 1998, Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting dan positioning, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Keller, K., 2008, Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kim, A.J., & Ko, E., 2012, Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand, Journal of Business Research, 65(10), 1480-1486.

Kosarizadeh, Mohd., & Hamdi, Karim, 2015, Studying the effect of social media on consumer purchase intention. Case study: leather products, Journal of Applied environmental and Biological Science, 5(7), 171-181.

McKnight, D.H., & Chervany,N.L, 2002, What trust means in e-commerce customer relationships: An interdisciplinary conceptual typology, International Journal of Electronic Commerce, 6(2), 35-59.

Rasul, A.A., 2011, Ekonometrika formula dan aplikasi dalam manajemen,. Mitra Wacana Media, 2011.

Rosetta, 2014, Customer Engagement from the Customer’s Perspective, Rosetta Consulting, Available at http:// www.rosetta.com.

Santoso, S., 2015, Menguasai statistik multivariate, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta, 2015.

Santoso, S., 2015, Menguasai statistik parametrik, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta, 2015.

Sorenson, S, & Adkins, A, 2014, Why customer engagement matters so much now, Available http://www.gallup.com/businessjournal/172637/why-customer-engagement-matters-so much-now,aspx

Umar, H., 2000, Riset pemasaran dan perilaku konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.

Zhunjunxuan, et al., 2014, Consumer purchase intention research based on social media marketing, International Journal of Business and Social Science, vol.5, 10(1).

Permatasari, R. D., Setyabuhi, A. L., & Anggra, F. (2019). ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI OBJEK WISATA KOTA BATAM. JR: JURNAL RESPONSIVE Teknik Informatika, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i1.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.