PENGARUH PENGGUNAAN BLOG DAN YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN BAKAT REMAJA KOTA BATAM

Weni Lestari Putri, Nanda Jarti

Abstract


Media online saat ini bukan hanya media yang dapat mencari informasi ataupun untuk sosialita semata. Tetapi dapat juga mengembangkan bakat. Mulai dari tulisan dan expresi seni. Dahulu kurang adanya penyalur bakat. Masih banyak remaja yang tertutup. Dan kurangnya media untuk mengekpresikan diri remaja. Layanan web yang dapat mengekpresikan bakatnya malah bisa terkenal dari media online.Penelitian ini Bertujuan mengetahui tingkat penggunaan Blog sebagai media penyalur bakat, mengetahui tingkat penggunaan YouTube sebagai media penyalur bakat remaja, mengetahui tingkat bakat remaja, mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan blog terhadap peningkatan bakat remaja, mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan YouTube terhadap peningkatan bakat Remaja, mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan blog dan YouTube terhadap peningkatan bakat Remaja kota Batam (Survey kecamatan Bengkong). Untuk kerangka berfikir dijelaskan bahwa variabel X terdiri dari  variabel X1 yaitu blog indikatornya adalah  Meningkatkan kemampuan menulis, Lebih kreatif, ekspresif, inspiratif, motivatif, Menambah berbagai wawasan dan dapat merangsang otak,  Menjalin dan memperbanyak teman, Mendapat banyak masukan dan pelajaran dari feedback para pembaca blog yang anda buat, Dapat berekspresi sebebas mungkin, Mudah untuk mencari artikel yang telah dibuat sebelumnya, Dapat mempromosikan diri. Selanjutnya untuk variabel X2 yaitu YouTube indikatornya adalah ditonton banyak orang, disukai banyak orang, diberi rating bagus, dibagikan melalui Facebook atau Twitter


References


Akbar,Reni dan Hawadi. (2002). Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Cetakan ke- 3. Grasindo. Jakarta.

Danim,Sudarwan. (2000). Metode Penilitian Untuk Ilmu – Ilmu Perilaku,Cetakan Ke-2. Bumi Aksara. Jakarta.

Dewi, Kumala Desi. (2011), Peningkatan Ketarampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus

Hartati, Puji. (2011). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog Pada Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri Kendal Tahun Ajaran 2010/2011.

Hasan,Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara. Yogyakarta

Kurniawan, Rulianto. (2009). Membuat Blog Untuk Orang Awam. Maxicom. Palembang

Kusumawati, Idha (January 29, 2010). Pengembangan bakat dan minat

Mercy, Brian (2012). Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri Dan Penghargaan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. PELINDO IV Makassar”




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.