SISTEM PAKAR DALAM MENDETEKSI KERUSAKAN TV MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

Nanda Jarti

Abstract


Penggunaan televisi saat ini dalam memberikan informasi, hiburan dan edukasi meningkat. Semakin sering televisi digunakan, semakin rentan pula mengalami gangguan dan kerusakan. Untuk membantu kinerja teknisi, dibutuhkan sistem pakar yang dapat berperan sebagai assistant bagi teknisi dalam menganalisa permasalahan tentang televisi. Data-data kerusakan televisi dianalisa lalu diolah menggunakan metode sistem pakar forward chaining. Model representasi pengetahuan yang digunakan adalah berbasis kaidah produksi. Desain sistem dilakukan menggunakan bantuan aplikasi starUML. Sistem pakar dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java sehingga menghasilkan sebuah sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan televisi menggunakan metode forward chaining berbasis android. Berdasarkan hasil pengujian, sistem pakar sudah berfungsi cukup baik dengan nilai keakuratan sistem mencapai 87,5%. Sistem nantinya dapat digunakan untuk membantu teknisi televisi dalam menangani permasalahan yang berkaitan dengan televisi dan sebagai sumber pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan televisi seperti gejala kerusakan, penyebab dan solusi untuk mengatasinya.


Full Text:

PDF

References


A.S.,RosadanM.Shalahuddin.(2011). Rekayasa Perangkat Lunak:Terstruktur dan Berorientasi Objek. PENERBIT MODULA. Bandung.

Budiharto, W. dan D. Suhartono. (2014). Artificial Intelligence Konsep dan Penerapannya. PENERBIT ANDI. Jakarta.

Hariyanto, B. (2014). Esensi-Esensi Bahasa Pemograman Java. PENERBIT INFORMATIKA. Bandung.

Hartati, S. dan S. Iswanti. (2008). Sistem Pakar dan Pengembangannya. Edisi Pertama. GRAHA ILMU. Yogyakarta.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Edisi Pertama. PRENADAMEDIA GROUP. Jakarta.

Rio, R. dan Y. Sawamura. (2007). Teknik Reparasi Televisi Berwarna. PT.PRADNYA PARAMITA. Jakarta.

S.H., Nazruddin. (2015). Aplikasi Berbasis Android: Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android.

PENERBIT INFORMATIKA. Bandung.Sudaryono. (2015). Metodologi Riset di Bidang TI: Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus). PENERBIT ANDI. Yogyakarta.

Sugiyono.2012).MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danR&D.ALFABETA. Bandung.

Sutojo, T.; E. Mulyanto, dan V. Suhartono. (2011). Kecerdasan Buatan. Edisi Pertama. PENERBIT ANDI. Yogyakarta.

Suyanto. (2014). Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning dan Learning. PENERBIT INFORMATIKA. Bandung.Tim EMS. (2015). Pemograman Android Dalam Sehari. PT. ELEX MEDIA KOMPUTINDO. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.