PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MARKETING DI PT. BANK SINARMAS TBK BATAM

M.Ansyar Bora, Sanusi Sanusi

Abstract


Bank Sinarmas adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan yang melayani masyarakat dalam mengelolah keuangan. Oleh karena itu sudah selayaknya pihak perusahaan Bank Sinarmas mengadakan peningkatan kinerja pelayanannya. Karena dengan adanya kualitas layanan yang baik dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan yang tentunya akan berdampak positif terhadap citra perusahaan. Hal ini menyebabkan semakin bertambahnya nasabah yang membuka tabungan di Bank Sinarmas maka ada pula permasalahan yang muncul yang dialami oleh perusahaan Bank Sinarmas di Batam yaitu permasalahan tingkat suku bunga tabungan, jumlah mesin ATM yang belum merata tersebar di Kota Batam dan Pelayanan Marketing yang belum memahami tentang pekerjaannya. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fishbone dan Quality Function Deployment, Setelah dilakukan Analisa Fishbone diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja marketing di Bank Sinarmas yaitu: 1) Masih ada karyawan yang tidak mengerti proses kerja pada PT Bank Sinarmas. 2) Masih ada masyarakat yang tidak mengetahui perusahaan PT Bank Sinarmas yang di bidang jasa keuangan. 3) Banyak keluhan nasabah pada saat mengantri karna terlalu lama pembagian nomor antrian manual. 4) Keluhan nasabah saat membuka buku tabungan dikarenkan saldo awal yang terlalu besar dan berdasarkan hasil analisis fishbone tersebut dilakukan usulan perbaikan dengan melakukan perancangan menggunakan QFD dan diperoleh 6 urutan prioritas perbaikan yaitu perbaikan peningkatan kinerja marketing 1) Memberikan Bunga yang lebih tinggi, 2) Memberikan Pelayanan yang bagus dan cepat, 3) Memberikan Jangka waktu yang akurat, 4) Meningkatkan sarana prasarana yang ada pada Bank Sinarmas, 5) Menentukan nominal yang tepat, 6) Menentukan tempat yang strategis.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Antoni, 2017 “Improvement Produk Hammock Sleeping Bag Dengan Metode QFD (Quality Fungtion Deployment)”.

Ade, Pratama, Teguh, Permana, Popy, Yuliarty. (2015). Pengmbangan Desain Papan Tulis dengan Metode Quality Fuction Deployment, Jurnal Teknik Industri, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Bora, M.A. & Sanusi, S (2018) Desain Prouk Jasa Layanan Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) Di Rusun Fanindo. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 2(2) 37-44.

Bora, M.A. & Yacob, B (2015), Perancangan Stand Welding Sebagai Alat Bantu Pengelasan Dengan Metode House of Quality (Studi Kasus: Art Welding School Batam), Jurnal Ilmu Teknik (ILTEK), 10 (20) 1405-1410.

Bora, M.A & Larisang & DB Tarigan (2017) Perancangan Alat Pelindung Diri (APD) Penutup Bahu dan Lengan Yang Ergonomis pada Proses Pengelasan di PT. Mc. Dermot Prosiding Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri Program Studi Teknik Industri Universitas Brawijaya. Pp B100-10.

Cundara, N., & Merjani, A. (2013) Perancangan Alat Pengangkat Valve Cage Mesin Diesel Mirrless Kv 12 Major Yang Ergonomis (Studi Kasus Di Pembangkit Listrik Tenagan Diesel Tanjung Sengkuang, Batam) Profisiensi, 1(2)

DitjenNak. 2000. “Panduan Penelitian Total Quality Management dan Meningkatkan sistem-sistem organisasi”. Jakarta.

Febriana I, N. 2016 “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembatu Tulungagung”.

Ferdi, Rosnani, Aulia. 2014, “Perancangan Desain Produk Spring Bed Dengan Menggunakan Metode Quality Fungtion Deployment”.

Rahayu, D. Apriyanti. 2006. “Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Primagama Dengan Metode Servperf Dan Quality Function Deployment (QFD)”. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i1.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.