ANALISA CUSTOMER SERVICE SYSTEM MENGGUNAKAN METODE DATA MINING DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS DI PT BATAMINDO INVESTMENT CAKRAWALA)

Hilda Herasmus

Abstract


Banyaknya data permintaan pelanggan yang ditampung melalui sistim Customer Service Online System (CSOS) dalam melakukan pelayanan kepada rutin kepada pelanggan di Kawasan Industri Batamindo (KIB). Data tersebut dapat diolah lebih lanjut menjadi suatu informasi yang berguna bagi Manajemen dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya data Mining diharapkan dapat membantu PT KIB dalam menggali informasi yang terkandung didalam suatu permintaan pelayanan menjadi sebuah pengetahuan (knowledge) yang baru. Association Rule, yaitu suatu prosedur dalam Market Analysis untuk mencari pengetahuan berupa hubungan kebiasaan pelanggan dalam meminta pelayanan berupa perbaikan gedung, informasi data dan konsultasi.  Algoritma FP Growth merupakan algoritma yang sangat efisien dalam mencari frequent itemset dalam sebuah kumpulan data dengan membangkitkan struktur prefix-tree. Data yang diolah adalah data permintaan pelanggan dari tahun 2016 dengan jumlah data 264 permintaan.


Full Text:

PDF

References


Pelayanan Pelanggan,

data mining,

association rule,

algoritma fp-growth,

fp-tree.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.