SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEKNISI KOMPUTER TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Erwinsyah - Simanungkalit

Abstract


Teknisi komputer adalah salah satu komponen yang penting dalam suatu organisai institusi. Dimana mereka bertugas untuk memastikan semua sistem teknologi informasi berjalan dengan baik. Dalam proses pencarian tenaga teknisi terbaik ada beberapa kategori atau kriteria-kriteria yang harus ditetapkan untuk mencapai hasil terbaik. Baik itu kategori softskils maupun hardskils. Hal ini dapat berjalan dengan baik jika di awal pemilihan, kriteria-kriteria tersebut sudah ada. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan memanfaatkan sistem pendukung keputusan dalam mengambil keputusan. Salah satu metode yang digunakan adalah metode weight product (WP). Metode weight product merupakan metode penentuan dalam sebuah keputusan dengan cara perkalian untuk dapat menghubungkan nilai atribut, dimana setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Teknisi komputer yang ada dikatagorikan dengan parameter yang sesuai kebutuhan. Hasil dari pengembangan sistem mampu melakukan rekomendasi perangkingan terhadap pemilihan teknisi komputer terbaik

Full Text:

PDF

References


A. J. Putra, L. A. Abdillah, and H. Yudiastuti, “Penentuan sekolah dasar negeri terbaik kota Palembang dengan metode weighted sum model (WSM) dan weighted product model (WPM) menggunakan visual basic.net 2015,” Sentikom, no. September, pp. 1–6, 2016.

Dadan Umar, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Elex Media. Komputindo, 2001

Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007

Kosasih, S., 2002, Sistem Pendukung Keputusan, Proyek Peningkatan Penelitian Tinggi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Pare, Selfina; Kati, Oktavianus, 2012. Sistem pendukung keputusan pemilihan program studi pada perguruan tinggi. USAMUS Merauke.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems ( Sistem pendukung keputusan dan system cerdas ) Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.