PENGARUH IKLIM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PERILAKU KERJA AMAN PADA PEKERJA SHIPYARD BATAM

Elva Susanti

Abstract


Tingginya kecelakaan kerja dapat juga dipengaruhi oleh kurangnya perilaku kerja aman. Dalam hal ini, perilaku kerja aman dapat kita lihat dari komitmen para pekerja, komitmen tersebut akan terwujud apabila lingkungan juga mendukung. Iklim keselamatan dan kinerja baik. Dalam penelitian ini akan mencari tahu apakah ada pengaruh antara iklim k3 terhadap perilaku kerja aman karyawan shipyard kota Batam, karena para pekerja yang bekerja disana memiliki tingkat resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip dengan pendekatan kuantitatif, penggolahan data menggunakan SPSS 16 dengan pendekatan regresi linier. Nilai Reabilitas menggunakan alpha cronbach’s  = 0.771 untuk iklim k3, sedangkan alpha cronbach’s   =0.777 untuk perilaku kerja aman maka dari itu data realibel.Pada tabel coefficients nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai 0.05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara iklim keselamatan dan kesehatan kerja terhadap perilaku kerja aman pada pekerja shipyard Batam sebesar 54,6 % dan diperoleh persamaan Regresinya Y = 5.056 + 0.764X.


Full Text:

PDF

References


. Kartikasari, RD, dan Swasto, B.2017. Pengaruh Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi Pt. Surya Asbes Cement Group Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 44 No.1.Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

.Winarsunu, T. 2008.Psikologi Keselamatan Kerja. UMM Press, Yogyakarta

Kines, P.,Lappalainen, J., Mikkelsen,K.L.,Olsen, E., Pousette A. Tharaldsn J., Tomasson, K dan Toner, M.2011. Nordic Safety Climate Questionnare (NOSACQ-50). A new tool nfor diagnosing occuptional safety climate. Internasional Journal of Industrial Ergonomics, 41,634-646.

Sholihah, Q.,dan Kuncoro, W., 2014. Kesehatan Keselamatan Kerja. Penerbit : Kedokteran (EGC). Jakarta.

Artikasari (2016). Pengaruh iklim keselamatan kerja terhadap perilaku kerja aman karyawan rig operator PT. Asia Petrocom Service Duri. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara.

Ramli, S. (2010).Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta. Dian Rakyat

Susanto, Ekfan., 2017, Pengaruh Penerapan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan di PT Nestle Indonesia Pabrik Panjang Bandar Lampung, Tesis,Program Pascasarjana Magister Manajemen,Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Mulyadi. 2019. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI).Program Studi Manajemen, STIE Ibnu Sina, Batam.

Riyadina W. 2008. Kecelakaan kerja dan cedera yang dialami oleh pekerja industri di kawasan industri Pulo Gadung Jakarta. Jurnal Makara Kesehatan; 11(1): 25-31.

Winarto, Sigit, dkk. 2016. Studi Kasus Kecelakaan Kerja pada Pekerja Pengeboran Migas Seismic Survey PT. X di Papua Barat. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 11 / No. 1. Magister Promkes K3 UNDIP. FKM UNDIP.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta: Bandung.

Tiarasari, M dan Setiyadi, A. 2016. Analisis Bidang “Layanan Pesanan Jurnal” Terhadap Tingkat Pemanfaatan Jurnal Elektronik Kependidikan Oleh Mahasiswa Jurusan Pgsd Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. E Journal UNDIP. Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i2.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.