Perancangan Modul Menggambar Teknik Berbasiskan Kompetensi Untuk Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Ibnu Sina

Albertus Laurensius Setyabudhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran menggambar teknik program studi teknik industri fakultas teknik universitas ibnu sina. (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul sebagai sumber belajar
menggambar teknik oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) yang mengacu model penelitian dan pengembangan 4D terdiri empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan dosen menggambar teknik program studi teknik industri fakultas teknik ibnu sina. Penelitian dilaksanakan pada April sampai Juni 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan skala likert dalam 4 kategori kelayakan. Hasil dari penelitian ini berupa Modul Mata kuliah menggambar teknik program studi teknik industri. Tahap define terdapat lima kegiatan yaitu front and analysis, learner analysis, task analysis, concept dan specifiying intructional objectives. Tahap design terbagi empat kegiatan yaitu constructing criterion reforenced test, media selection, format selection dan initial design. Tahap develop, terdapat 3 kegiatan, analisis kebutuhan modul, validasi produk dan revisi modul. Tahap disseminate terdapat dua kegiatan yaitu packaging dan diffusion and adoption. Hasil kelayakan modul dari ahli materi mendapatkan persentase 85% dengan kategori “sangat layak”. Ahli media mendapatkan persentase 96,87% dengan kategori “sangat layak”. Dosen Mata Kuliah mendapatkan persentase 85% dengan kategori “sangat layak”.


Full Text:

PDF

References


Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.

Burke, J. W. (1989). Competency based education and training. Psychology Press.

Costa, A. (2002). Changing curriculum means changing your mind. Tenth International Conference on Thinking, Harrogate, England.

Doppelt, Y. (2003). Implementation and assessment of project-based learning in a flexible environment. International Journal of Technology and Design Education, 13(3), 255–272.

Purnawan, Y. (2007). Pengenalan PBL (Pembelajaran Berbasis Proyek).

Spencer, L. M., & Spencer, P. S. M. (2008). Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons.

Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP evaluation model checklist. Retrieved January, 8, 2012.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2010). Strategic management and business policy. Prentice Hall New Jersey.

Winkel, W. S. (2006). Psikologi Pengajaran (Cetakan ke-15). Jakarta: Grasindo.

Yunita, N., & Susilowati, E. (2010). Makalah Pengembangan Modul. Universitas Sebelas Maret: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i2.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.