PERANAN ANALISIS SWOT DALAM PENINGKATAN PELAYANAN STIE IBNU SINA BATAM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Nurmayunita Nurmayunita

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan STIE Ibnu Sina Batam terhadap mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis SWOT di STIE Ibnu Sina Batam. Sehingga STIE Ibnu Sina Batam dapat mengetahui strengthness, weakness, oportunities dan threat yang ada dalam pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa. Hal ini diuraikan dengan matriks IFAS dan EFAS yang memperoleh nilai 2,85 dan 2,60. Dari nilai tersebut maka dapat disimpulkan STIE Ibnu Sina Batam masuk dalam kwadran I yang berarti memiliki kondisi pertumbuhan berkonsentrasi melalui integrasi horizontal, stability dan profit. Sehingga strategi dimana yang dapat dilakukan oleh STIE Ibnu Sina yaitu memperluas dunia pendidikan dengan cara meningkatkan kualitas dan pelayanan agar dapat menghindari kehilangan pelanggan yang berdampak pada profit.

Full Text:

PDF

References


Freddy Rangkuty. ( 2002 ). Analisis teknik membedah kasus bisnis, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

J.Suprapto ( 2002 ). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rienika Tjipta

Alex S Nitisemito( 1996 ). Maerketing. Cetak ke – 6 Jakarta : Ghalia Indonesial.

James A.F Stoner. ( 1992 ). Management” Second Edition.Ph New Delhi

M.Manulung. ( 1995 ). Manajemen Personalia. Cetak ke-10 Jakarta :

Adrian Payine . ( 2000 ).Service Marketing,Pemasaran Jasa,Yogyakarta : Fandy Tjiptono.

Basu Swasta DH. ( 2000 ). Manajemen Pemasaran Modern,Yogyakarta : Liberty

J.Supranto. ( 1997 ).Pengantar Metode Statistik,Yogyakarta : Aksara.

J.Supranto. ( 1998 ).Metode Riset dan Aplikasi Dalam Pemasaran,Jakarta : LP-FEUI




DOI: http://dx.doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i2.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.